Sejarah Desa

Sejarah Desa

Desa Purbo merupakan salah satu Desa yang masuk wilayah Kecamatan Bawang dan merupakan Desa agraris. Secara historis Nama Desa Purbo dilihat dari sejarah mungkin sudah ada ratusan tahun silam, karena warga sekarang ini tidak ada satu orang pendudukpun yang tahu siapa yang pertama kali bubak Desa Purbo. Kemungkinan besar pada waktu itu disebabkan karena pendidikan masih rendah dan tidak sempat untuk menuliskan sejarah tentang desa.

Menurut cerita dan kepercayaan masyarakat, bahwa Desa Purbo sudah ada sejak jaman kewalian, salah satu wali yang diyakini oleh masyarakat umum yang ada di Desa Purbo adalah Kyai Raden Asyfio. Masyarakat mempercayai bahwa salah satu orang yang pertama kali membubak Desa Purbo adalah Kyai Raden  Asyifo. Makam/petilasan Kyai Raden Asyfio sendiri terletak di sebelah selatan masjid Desa Purbo. Sedangkan asal usul nama Desa “Purbo” sampai sekarang belum ada yang mengetahui dari mana kata “Purbo” berasal.

Desa Purbo terus berkembang dari beberapa orang hingga ratusan orang dan ribuan orang penduduk desa Purbo. perkembangan desa Purbo terus meningkat bahkan lahan-lahan yang dulunya sawah dan perkebunan sekarang telah banyak dibangun rumah-rumah warga.